Kaur Tatalaksana Pleret Hadiri Forkom Perpustakaan Desa

06 April 2022
Rifqi Fatoni
Dibaca 275 Kali
Kaur Tatalaksana Pleret Hadiri Forkom Perpustakaan Desa

InfoPleret - Selasa (05-04-2022) pukul 08.30 sampai selesai Kepala Urusan Tatalaksana Kalurahan Pleret Rifqi Fatoni, A.Md. menghadiri undangan Forum Komunikasi Perpustakaan Desa Kabupaten Bantul, acara ini diadakan oleh Perpusda Bantul sebagai upaya meningkatkan kerjasama, koordinasi dan kesepahaman dalam mengembangkan Perpustakaan Desa. 

Menghadirkan Pustakawan DPAD DIY Hadi Pranoto, SIP. sebagai pembicara dalam kegiatan Forkom Perpustakaan Desa Kabupaten Bantul. Selain itu Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bantul juga mengundang Serta Kepala Desa se Kabupaten Bantul yang kebanyakan didispokan kepada Kaur Tatalaksana dan Petugas Pengelola Perpustakaan Desa. Kegiatan ini berlangsung di ruang aula lantai 3 (tiga) Perpusda Kabupaten Bantul. Acara di buka langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bantul Sukrisna Dwi Susanta, M.Si.

Hadi Pranoto, SIP.  dalam paparanya enyampaikan jika Perpustakaan Desa harus berbasis Inklusi Sosial yang memfasilitasi masyarakat dalam mengembangkan potensinya dengan melihat keragaman budaya, dengan adanya program tersebut perpustakaan khususnya perpustakaan desa dapat berperan aktif dalam mewujudkan keberhasilan berbagai program pembangunan berkelanjutan melaui pemberdayaanmasyarakat. Perpustakaan berbasis inklusi sosial, juga dapat membantu masyarakat desa untuk mengembangkan keterampilan dan kepercayaan diri, dan membantu meningkatkan jejaring sosial.

Selain itu dijelaskan pula tentang perlunya Peningkatankompetensi Tenaga Pengelola dalam pengelolaan perpustakaan desa, Pengelolaan Perpusdes merupakan hal yang sangat penting agar keberadaannya mampu diterima oleh masyarakat.

Kemudian terahir pemaparan mengenai Standarisasi Perpustakaan Desa yaitu pembahasan  6 (enam) komponen akreditasi dengan adanya perpustakaan desa yang sesuai standar perpustakaan maka perpustakaan desa akan semakin maju dan berkembang. Acara tersebut berjalan dengan lancar dengan tetap memperhatikan prokes.

Sumber : dispusip.bantulkab.go.id