Penyerahan Kambing di Kelompok Ternak Ngudi Makmur Bedukan

06 November 2021
Rifqi Fatoni
Dibaca 341 Kali
Penyerahan Kambing di Kelompok Ternak Ngudi Makmur Bedukan

Info Pleret - Jum’at (05/11). Penyerahan bantuan kambing jenis jawa randu dari Kementrian Pertanian melalui Dirjen Peternakan kepada kelompok peternak kambing “Ngudi Makmur” di Bedukan . Turut hadir dalam acara Wakil Bupati Bantul, Ketua DPRD Kabupaten Bantul, Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, Panewu Kapanewon Pleret, Lurah Pleret, Dukuh Bedukan serta pengurus dan anggota kelompok peternak kambing Ngudi Makmur.

Dalam penyerahan bantuan ini, kelompok ternak Ngudi Makmur menerima bantuan kambing sebanyak 25 ekor dengan rincian 23 ekor betina dan 2 ekor jantan. Program bantuan dari pemerintah ini merupakan salah satu program swadaya masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi khususnya di masa pandemic Covid.

Dalam arahannya wakil bupati Bantul menyampaikan bahwa tujuan pemerintah memberikan bantuan ini adalah untuk memberdayakan masyarakat dan dipilihnya Pleret sebagai penerima bantuan mengingat bahwa Pleret terkenal akan sate kambing yang setiap harinya membutuhkan 700 ekor kambing dimana jumlah tersebut belum bisa tercukupi oleh hasil ternak local. Oleh sebab itu adanya bantuan ini kedepannya diharapkan dapat meningkatkan populasi kambing sehingga peternak local dapat memenuhi kebutuhan pedagang sate di kabupaten Bantul. Wakil Bupati Bantul juga berharap agar program bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik agar dapat menggerakkan serta membangkitkan perekonomian masyarakat di masa pandemi.

Dengan diberikannya program bantuan ini untuk kedepannya pemerintah akan melaksanakan evaluasi terkait bantuan yang sudah diserahkan, untuk itu kelompok peternak diharapkan dapat merawat kambing ini dengan sebaik-baiknya agar target perkembangan hasil ternak yang diberikan dari pemerintah dapat tercapai sehingga nantinya program bantuan ini dapat diberikan Kembali oleh pemerintah. 

 

Sumber : Website Kapanewon Pleret