Kirab Apem dan Grebeg Ruwah Meriahkan Perayaan Hari Jadi Kalurahan Pleret ke-76

04 Maret 2024
Rifqi Fatoni
Dibaca 47 Kali
Kirab Apem dan Grebeg Ruwah Meriahkan Perayaan Hari Jadi Kalurahan Pleret ke-76

InfoPleret, Kalurahan Pleret, yang terletak di Kapanewon Pleret, Kabupaten Bantul, merayakan ulang tahunnya yang ke-76 dengan meriah melalui rangkaian acara Kirab Apem dan Grebeg Ruwah pada hari Minggu, 3 Maret 2024. Acara budaya yang diselenggarakan ini menjadi sorotan warga setempat serta pengunjung yang datang dari berbagai daerah.

Kirab budaya dimulai dari Destinasi Wisata Lereng Sentono Gunungkelir dengan mengusung konsep membawa 21 gunungan apem yang merupakan ciri khas daerah ini. Rute kirab berlangsung meriah dan mengagumkan, diwarnai dengan berbagai atraksi dan kesenian yang menampilkan kekayaan budaya lokal.

Partisipasi aktif dari 21 bregodo warga masyarakat Pleret turut menyemarakkan kirab budaya ini. Mereka dengan bangga mengambil bagian dalam menyajikan keindahan budaya dan tradisi Kalurahan Pleret kepada masyarakat luas.

Tidak hanya kirab, acara juga diramaikan dengan penampilan seni dari Akademi Komunitas Negeri (AKN) Seni dan Budaya Yogyakarta. Sajian pentas kesenian ini menambah kemeriahan acara serta memperkaya pengalaman para penonton yang hadir.

Lurah Pleret, Taufiq Kamal, S.Kom, M.Cs., menyampaikan bahwa Kirab Apem dan Grebeg Ruwah akan menjadi agenda rutin setiap tahun dalam rangka memperingati hari jadi Kalurahan Pleret. Ini merupakan upaya untuk menjaga dan memperkenalkan warisan budaya yang berharga kepada generasi muda serta mempererat tali persaudaraan di antara masyarakat.

Dengan diadakannya Kirab Apem dan Grebeg Ruwah, diharapkan tradisi dan budaya Kalurahan Pleret tetap lestari dan menjadi kebanggaan bagi seluruh warga. Acara ini juga menjadi ajang silaturahmi dan mempererat solidaritas antarwarga serta memperkuat identitas lokal yang kental.