Siswa-siswi SD N Putren berpakaian Adat peringati HARDIKNAS 2023

03 Mei 2023
Dewi Orisya
Dibaca 210 Kali
Siswa-siswi SD N Putren berpakaian Adat peringati HARDIKNAS 2023

Info Pleret - Suasana pagi ini tampak berbeda di SD N Putren pada Selasa, 02 Mei 2023. Perbedaan tersebut tampak pada pakaian yang dikenakan oleh seluruh warga lingkungan sekolah. Alih-alih memakai seragam pramuka seperti hari selasa biasanya, para siswa, guru, karyawan, dan kepala sekolah mengenakan pakaian adat Ngayogyakarta, yang putri berkebaya lurik dan yang putra memakai sorjan.

Hal istimewa tersebut terjadi dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada 2 Mei 2023 namun karena masih bertepatan dengan bulan Syawal maka ada acara Halal Bihalal.

Seluruh siswa beserta bapak ibu guru karyawan di SD N Putren terlihat sangat antusias dan bersemangat dalam peringatan Hardiknas ini, apalagi mengingat telah tiga tahun akibat pandemi Covid – 19 peringatan Hardiknas dilaksanakan secara online dari jarak jauh. Semangat dalam pelaksanaan Hardiknas kali ini tercermin dalam raut gembira dan pakaian adat jawa yang dikenakan oleh seluruh keluarga besar SD N Putren.

Acara diawali dengan upacara untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional yang diikuti secara khidmat oleh seluruh warga sekolah. Kemudian setelah upacara kegiatan dilanjutkan dengan Halal Bihalal dan ikrar Syawalan dibacakan oleh Sely Kamelia Fahmi siswi kelas 4, lalu kemudian kepala sekolah Ibu Hj. Salimah, S.Pd menanggapi ikrar Syawalan tersebut. Dilanjutkan dengan tukar kado secara silang dari siswa kelas 1 sampai 6 bahkan kegiatan tukar kado ini juga diikuti oleh bapak ibu guru, karyawan, serta kepala sekolah.

Dengan memperingati Hari Pendidikan Nasional, mari kita tingkatkan kepedulian tentang masalah pendidikan dan tidak lupa kita berdoa semoga Bapak Pendidikan Nasional kita “Ki Hajar dewantara” amal ibadahnya diterima Allah SWT. Semoga kita bisa memaknainya sebagai usaha untuk memberikan pendidikan terbaik kepada putra - putri kita dan menjadikan pendidikan sebagai kebutuhan, sehingga tidak hanya menjadi syarat dalam kehidupan seseorang.