Siksa Kubur Bagi Orang yang meninggalkan Sholat dan Pentingnya Zakat dalam Islam

08 April 2023
ringgasari
Dibaca 933 Kali
Siksa Kubur Bagi Orang yang meninggalkan Sholat dan Pentingnya Zakat dalam Islam

infoPleret- Jelang berbuka Puasa, Masjid Al Furqon Kerto Lor mengadakan Pengajian menjelang Buka Puasa.

Pengajian diisi oleh Bapak KH Ahmadun dari Kanggotan. Dalam ceramahnya, beliau menyinggung tentang orang yang meninggalkan sholat.  Perintah mendirikan salat termasuk dalam beberapa ayat Al-Qur'an dan juga hadits Rasulullah SAW. Salat juga menjadi ibadah wajib yang harus dikerjakan seorang muslim. Sabdaa Nabi SAW: “Barang siapa yang menyepelekan sholat (menggampangkan sholat), maka Allah akan menyiksanya dengan lima belas macam siksaan; enam siksaan di dunia, tiga siksaan ketika menjelang mati, tiga siksaan dialam kubur dan tiga siksaan ketika keluar dari alam kubur“. (Qurtubi(Qurratul 'uyun: hlm.2)). 

Ketika meninggalkan salat dengan sengaja, maka balasannya adalah azab pedih yang dikirimkan Allah SWT. Orang yang melalaikan salat, di alam kuburnya akan ditemani seekor ular yang bernama Sajaul Al-Aqra atau disebut juga Stuja Al-Aqra.

Selanjutnya Zakat merupakan salah satu rukun Islam. Zakat diwajibkan atas setiap orang Islam yang telah memenuhi syarat. Selain melaksanakan perintah Allâh Subhanahu wa Ta'ala, tujuan pensyariatan zakat ialah untuk membantu umat Islam yang membutuhkan bantuan dan pertolongan.

Zakat adalah rukun Islam yang ketiga dan salah satu pilar bangunannya yang agung berdasarkan hadits yang diriwayatkan dari Ibnu ‘Umar Radhiyallahu anhuma.

Islam dibangun di atas lima perkara: syahadat bahwa tidak ada Rabb yang haq selain Allâh dan bahwa Muhammad adalah utusan Allâh, menegakkan shalat, menunaikan zakat, berpuasa Ramadhan dan haji ke Baitullah bagi siapa yang mampu [Muttafaqun ‘alaihi].