Pokdarwis Pleret Maju Raih Juara 1 Lomba Tingkat Kabupaten Bantul

01 Februari 2023
Rifqi Fatoni
Dibaca 484 Kali
Pokdarwis Pleret Maju Raih Juara 1 Lomba Tingkat Kabupaten Bantul

InfoPleret - Mengawali bulan Februari, tepatnya Rabu, 1 Februari 2023 Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul secara resmi telah mengumumkan pemenang Lomba Pokdarwis Tingkat Kabupaten Bantul Tahun 2023. Bertempat di ruang rapat Dinas Pariwisata Bantul, penyerahan hadiah juga langsung diberikan kepada pemenang.

Penyerahan hadiah diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Kwintarto Heru Prabowo, S,Sos. Jika di tahun 2022 Pokdarwis Pleret meraih urutan kedua, kali ini Pokdarwis Pleret yang baru berumur dua tahun ini mampu melangkah ke urutan pertama dengan skor tipis dari Pokdarwis Mangunan yaitu 4.255 sedangkan Pokdarwis Sapta Langit Mangunan raih skor 4.245 sehingga juara dua diraih oleh Pokdarwis Mangunan. Disusul juara tiga diraih oleh Pokdarwis Sri Gading Sanden dengan skor 3.900. 

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul memaparkan bahwa Mangunan yang lebih lama berkegiatan memang sudah banyak membuktikan hasilnya namun para juri memiliki pertimbangan tersendiri. Pleret dirasa pantas meraih juara karena memiliki inovasi-inovasi kepariwisataan walaupun dari segi umur masih pendatang baru. Selain itu secara administratif Pleret juga cukup lengkap dan informatif. Ketiga pokdarwis yang maju lomba ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Tentunya segala kekurangan menjadi bahan evaluasi untuk masing-masing Pokdarwis. Sehingga kemenangan ini mutlak dari penilaian juri dan sama sekali tidak ada kongkalikong terhadap pihak-pihak tertentu.

Menurut Drs. Joko Surono selaku Kepala Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif, Lomba Pokdarwis yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul ini sebenarnya sifatnya pembinaan, oleh karena itu Uang Pembinaan kepada pemenang ada kenaikan cukup fantastis di tahun ini. Hal ini dikarenakan untuk mendukung kegiatan-kegiatan Pokdarwis supaya Pokdarwis lebih semangat dalam membantu pemerintah mengembangkan kepariwisataan yang berbasis masyarakat dengan memberikan pelayanan prima.

Selain pengumuman dan penyerahan hadiah berikut wejangan-wejangan dari Kepala Dinas untuk para pemenang, di forum itu juga disampaikan informasi terkait persiapan Lomba Desa Wisata se-DIY dan persiapan Lomba Anugerah Desa Wisata Indonesi (ADWI) Tahun 2023. Pemerintah berharap di tahun ini Desa Wisata Bantul bisa mencapai peringkat minimal 50 besar karena notabene Bantul merupakan pencetus lahirnya desa wisata sebelum adanya Undang Undang 10 Tahun 2009. Bantul merupakan inspirator sehingga sudah seharusnya Bantul mampu melahirkan ide-ide baru.

Sumber : kompasiana.com

Penulis : Tsalis Nur Sholikhah

Sekretaris Pokdarwis Pleret Maju

#desawisata

#rintisandesabudaya

#desaprima

#desapreneur

#heritageofmataram