"Nyamuk Malaria: Pembawa Penyakit Mematikan yang Tersembunyi" oleh Pokja IV

21 Oktober 2023
ringgasari
Dibaca 74 Kali

infoPleret- Bertempat di Pendopo Kaluruhan Pleret Pertemuan Rutin PKK yang selenggarakan pada Hari Sabtu, 21 Oktober 2023 pada pukul 13.30 WIB. Acara dipimpin oleh ibu Nur Rokhmawati dan diawali dengan membaca amalan-amalan dan asmaul husna. Lalu dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Mars PKK dan Projo Tamansari yang dipimpin oleh Ibu Lia. Selanjutnya sambutan dari Ketua TP PKK Kalurahan Pleret Ibu Whestri Widajani yang menyampaikan tentang Persiapan Lomba "AKU HATINYA PKK" Tahun 2024 mendatang yang akan diawali dengan Lomba Bersih se Kalurahan Pleret.

Dan acara dilanjutkan dari Pokja IV yang disampaikan oleh Ibu Haryanti selaku perwakilan dari Pokja IV tentang nyamuk malaria yang sedang terjadi dimana-mana. Malaria adalah salah satu penyakit menular yang paling mematikan di dunia, dan nyamuk adalah vektor utama yang menyebarkan penyakit ini. Nyamuk malaria, yang dikenal sebagai Anopheles, merupakan ancaman serius bagi kesehatan manusia di berbagai belahan dunia.

Malaria disebabkan oleh parasit Plasmodium yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Anopheles yang terinfeksi. Ada beberapa spesies nyamuk Anopheles yang bertanggung jawab untuk penyebaran penyakit ini, dan tingkat risiko tertularnya seseorang tergantung pada spesies nyamuk yang mendominasi di suatu wilayah. Nyamuk betina adalah yang paling berperan dalam penularan penyakit ini, karena mereka menghisap darah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi perkembangan telur mereka.

Setelah nyamuk malaria menggigit seseorang yang terinfeksi, parasit Plasmodium akan masuk ke dalam tubuh nyamuk. Parasit ini kemudian berkembang biak di dalam tubuh nyamuk dan menjadi infektif dalam penyebaran penyakit. Setelah itu, nyamuk tersebut akan menggigit orang lain, menyebarkan parasit Plasmodium dan menyebabkan penyakit malaria.