Survey Jelajah Jejak Mataram Pleret

18 Mei 2022
Rifqi Fatoni
Dibaca 244 Kali
Survey Jelajah Jejak Mataram Pleret

InfoPleret - Rabu 18 Mei 2022, Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Provinsi DIY yang di pimpin oleh I Gede Adi Atmaja melakukan Survey Rencana seleksi lawatan sejarah dengan jelajah situs mataram dan dalam rangka  kegiatan pembinaan dan pengembangan kesejarahan.

Turut mendampingi kegiatan ini Lurah Pleret Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs., Ulu-ulu Irfani Andhi Hermawan, Kaur Tatalaksana Rifqi Fatoni, A.Md. serta Direktur Bumdes Lumbung Pangan Mataram sdr. Ari Yulianto.

Kegiatan lawatan sejarah dengan jelajah situs di Kalurahan Pleret ini rencana akan dilaksanakan besok tanggal 31 Mei 2022 dengan peserta perwakilan pelajar SMA se-DIY. Jelajah situs ini akan mengunjungi 5 tempat bersejarah di Kalurahan Pleret yaitu Situs Sitinggil Kraton Kerto Pleret yang merupakan bekas peninggalan Kraton Sultan Agung Hanyokro Kusumo, Situs Kedaton 2 yang merupakan bekas Benteng Kerajaan Mataram di kompleks Taman Benteng Mataram, Situs Makam Ratu Malang dan Makam Ki Dalang Panjang Mas Gunungkelir serta Situs Masjid Kauman yang merupakan bukti sejarah kerajaan Kedaton zaman Amangkurat 2.

Diharapkan dengan kegiatan ini akan dapat mengedukasi para siswa pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta bisa mempromosikan potensi wisata, sejarah dan budaya yang ada di Kalurahan Pleret.