Belajar Pemulasaran Jenazah Standar Covid-19, Bersama PKU Muhammadiyah

22 Maret 2021
Taufiq Kamal, S.Kom, M.Cs.
Dibaca 243 Kali
Belajar Pemulasaran Jenazah Standar Covid-19, Bersama PKU Muhammadiyah

infoPleret- Untuk membangun kepercayaan masyarakat serta menepis stigma negatif terhadap tata cara pemulasaraan dan pemakaman jenazah terindikasi Covid-19, Pemerintah Kalurahan Pleret, melalui Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) mengadakan pelatihan pemulasaran jenazah standar covid-19 di Padukuhan Gunungan, Senin (22/03).

Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan relawan dari tiap-tiap RT di wilayah padukuhan Gunungan. Hadir pada kesempatan ini, Lurah Pleret Taufik Kamal, S.Kom, M.Cs, Koordinator Lapangan Satgas Covid-19 Kalurahan Pleret Irvani Andhi H, Bhabinkamtibmas Pleret Bripka Rofiq D.H, Babinsa dan pamong kalurahan.

Dalam sambutannya, Ulu-ulu Pleret Anang Jatmiko menyampaikan kepada masyarakat khususnya relawan ditingkat Padukuhan, bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah usaha penyebarluasan informasi penanganan covid-19 dalam rangka menuju kemandirian Padukuhan dalam setiap penanganan kasus covid di masing-masing wilayahnya. Selanjutnya acara di isi dengan penyampaian materi pelatihan serta praktek pemulasaraan jenazah pasien covid-19 oleh Hj. Agni dan Ismail dari PKU Muhammdiyah Bantul, mulai dari persiapan pemulasaraan, tata cara pemakaian APD (Alat Pelindung Diri) lengkap, perlakuan jenazah pasien covid-19 sejak dinyatakan meninggal, memandikan, mengkafani, menyolatkan hingga pengkuburan dan pembersihan sisa-sisa. (Orisya)