Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Kecamatan Pleret

19 Agustus 2019
TSALIS NUR SHOLIKHAH
Dibaca 234 Kali
Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Kecamatan Pleret

infoPleret-  Sabtu, 17 Agustus 2019 Upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan RI ke-74  Kecamatan Pleret dilaksanakan di Lapangan Segoroyoso pada pukul 09.30 WIB. Berdiri sebagai inspektur upacara, Camat Pleret, M.Alwi, SH, MH., dan pemimpin upacara dari anggota Koramil Pleret, serta instrumen-instrumen lain yang diperlukan pada gelar upacara , baik Komandan Kompi, PASKIBRA, dan lainnya. Detik-detik proklamasi dibunyikan tepat jam 10.00 WIB dengan membunyikan kentongan, yang dilakukan oleh Danramil Pleret, Kap. Inf. Bambang dan dibarengi dengan seluruh bunyi-bunyian yang ada disekitar tempat upacara.

Pasukan pengibar bendera (PASKIBRA) yang terdiri dari beberapa sekolah di Kecamatan Pleret antara lain MAN 3 Bantul, SMK N 1 Pleret, SMA N 1 Pleret, serta sebagian dari SMA Muhammadiyah Pleret. Karena menjadi PASKIBRA tidak semua siswa bisa dan harus melalui seleksi, maka mereka melaksanakannya dengan penuh kesungguhan serta dengan rasa berbangga,terbukti seluruh orang tua dari PASKIBRA juga turut hadir untuk melihat kebolehan anaknya yang menjadi petugas pengibar bendera.

Dalam kesempatan tersebut, SLB Tunas Bhakti juga ambil bagian dengan menggelar atraksi sendra tari yang mengambil tema perjalanan dalang Ki Panjang Mas dan Gusti Ratu Malang yang konon petilasannya berada di perbukitan Gunung Sentono yang berada di wilayah Pedukuhan Gunungkelir. Karena acara tersebut sudah dipersiapkan jauh-jauh sebelumnya, maka seluruh pemeran baik dari siswa SLB ataupun karyawan dan guru terlihat sangat menjiwai dengan judul yang disajikan. Seusai acara upacara, panitia HUT RI ke-74 Kecamatan Pleret juga membagikan piala serta uang pembinaan kepada juara lomba tingkat SD se-Kecamatan Pleret yang telah diseleksi beberapa hari yang lalu. (jz12gws)