Kegiatan Abdimas Berbasis IT oleh KKN AKPRIND

09 Juli 2018
TSALIS NUR SHOLIKHAH
Dibaca 250 Kali
Kegiatan Abdimas Berbasis IT oleh KKN AKPRIND

infoPleret- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Dosen IST AKPRIND YOGYAKARTA yang tergabung dalam Program Kuliah Kerja Nyata mengadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat (Abdimas) berbasis Bahasa Inggris, IT, dan Pengolaan Sampah Plastik, di Desa Pleret, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, berjalan dengan baik. 07 Juli 2018.

Program pengabdian masyarakat dilakukan secara terbuka untuk seluruh warga dan masyarakat pedukuhan karet, terutama ibu-ibu dan anak-anak, sehinga kegiatan ini dapat meningkatkan kesejahteraan msyarakat dalam hal penggunaan IT, Bahasa Inggris, dan Pengelolaan Sampah Plastik dengan baik.

“ABDIMAS berbasis Bahasa Inggris dan Dampak Penggunaan Teknologi diarahkan pada anak-anak, sehingga anak-anak dapat meningkatkan kualitas pemahaman tentang penggunaan teknologi, termotivasi, dan dalam bidang bahasa inggris mereka mau belajar dengan baik, agar mampu bersaing seiring dengan perkembangan jaman.

Peserta yang tergabung pada kegiatan Abdimas berbasis bahasa inggris dan bahaya penggunaan teknologi diarahkan pada anak-anak TPA Nurul Istiqomah pedukuhan karet di Mushola RT 05. Sementara Sampah plastik diarahkan kepada ibu-ibu PKK pedukuhan karet, di pendopo pedukuhan karet. (07/07/2018)

Salah satu Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata angkatan 2018, menyatakan pedukuhan karet desa pleret, bantul merupakan pedukuhan yang indah, baik dari sisi masyarakatnya yang baik-baik, harmonis, juga alamnya sangat alami dan segar. Mata pencaharian warga kebanyakan bertani, beternak dan buruh bangunan. Sementara itu, masalah utama dari pedukuhan ini adalah masalah kesejahteraan sosial serta pendidikan yang kurang terfasilitasi dibandingkan pedukuhan sekitarnya.

Ketua KKN Muhammad akhir melanjutkan, pedukuhan karet saat ini sedang merintis Wisata baru, yaitu Wisata Air Tempuran Banyu Kencono. Wisata ini berada di sungai kali opak dan sungai gajah Wong. Jalur menuju lokasi wisatapun sangat strategis, dari arah timur, selatan, barat, dan utara, jalurnya ada. Sehingga dengan jalur ini juga akan memungkinkan wisata ini bisa menjadi tempat yang setiap harinya bisa dikunjungi.

Dari arah timur, jalanya langsung berhubungan dengan arah rumah warga warga, disepanjang jalan ada perkebunan yang indah, yang nantinya juga akan dikelolah sehingga menambah kesejukan disepanjang jalan menuju wisata air, jalan ini dari pertigaan suren, pedukuhan pungkuran. Begitu juga dari arah utara, arah ini langsung dari samping kantor kelurahan menuju selatan. Sementara dijalur barat dan selatan merupakan jalur kendaraan beroda dua saja. Lanjutnya.

Antusias ibu-ibu dan anak-anak pada kegiatan ini sangat besar sekali, dan berharap ada kegiatan lanjutan seperti ini, sehingga wawasan ibu-ibu tentang manfaat sampah plastik dan manfaat pengguna teknologi, serta manfaat bahasa inggris kedepanya bagi anak-anak bisa membantu pengkatan pengetahuan masyarakat terutama bagi anak-anak.

Ucapan terimakasih dari ibu-ibu dan pengasuh TPA pun disampaikan kepada para narasumber. Semoga dilain waktu bisa berkesempatan lagi.

Reporter: Muhammad Akhir
Mahasiswa KKN IST AKPRIND Yogyakarta Pedukuhan Karet.