Musyawarah Antar Desa, Tentukan Lokasi Menara Radio Pancar Ulang

03 Mei 2018
Taufiq Kamal, S.Kom, M.Cs.
Dibaca 308 Kali
Musyawarah Antar Desa, Tentukan Lokasi Menara Radio Pancar Ulang

infoPleret- Dalam rangka fasilitasi kegiatan peningkatan keamanan dan ketertiban masyarakat, Pemerintah Desa Pleret berencana mendirikan perangkat Radio Pancar Ulang. Radio Pancar Ulang (RPU) atau Repeater adalah satu perangkat komunikasi yang berguna untuk  memperluas daerah jangkauan komunikasi antar peralatan komunikasi mobile semisal Handy Transceiver (HT). RPU dibuat untuk mempermudah komunikasi antara beberapa orang atau banyak orang dalam suatu komunitas. RPU biasanya dipasang di tempat yang tinggi, sehingga diharapkan bisa menjangkau daerah yang lebih luas.

Kondisi wilayah Desa Pleret yang tidak memiliki dataran tinggi, menjadi alasan utama untuk berkoordinasi dan bekerja sama dengan Desa Lain yang memiliki wilayah pegunungan. Maka Desa Bawuran, yang masih dalam satu kecamatan menjadi pilihan. Desa ini selain memiliki wilayah dataran tinggi/pegunungan yang potensial untuk menempatkan menara RPU. 

Bertempat di Puncak Sosok, salah satu spot wisata Desa Bawuran, Kasi Kesejahteraan Desa Pleret bersama perangkat desa Bawuran berkoordinasi penentuan lokasi rencana akan didirikanya menara RPU. Hadir pada kesempatan ini, Lurah Desa Bawuran, Carik Desa Pleret dan Pengelola Kawasan Wisata Puncak Sosok.(iw)