Kerja Bakti, Wujud Kehidupan Sosial Bermasyarakat yang Perlu Dilestarikan

26 Februari 2018
Taufiq Kamal, S.Kom, M.Cs.
Dibaca 287 Kali
Kerja Bakti, Wujud Kehidupan Sosial Bermasyarakat yang Perlu Dilestarikan

infoPleret- Hari Minggu atau libur biasanya diberbagai tempat sering dilakukan kerja bakti. Kerja bakti dapat berupa membersihkan lingkungan, membersihkan saluran-saluran air atau got, membersihkan makam, membangun fasilitas-fasilitas publik, dll. Kerja bakti merupakan kegiatan yang sangat positif, sehingga akan menciptakan lingkungan yang bersih, indah, dan sehat. Kerja bakti adalah salah satu wujud kehidupan bertetangga. Ini dilakukan oleh lingkungan tetangga tertentu, misalnya RT atau RW. Banyak kemuliaan diperoleh dari kehidupan bertetangga, termasuk melalui kerja bakti ini. 

Hal tersebut juga yang terlihat di Dusun Kedaton RT 04, Minggu pagi warga masyarakat bergotong royong membersihkan area lapangan bola voli. Perhatian akan srana olah raga adalah langkah yang akan membawa masyarakat kepada aktivitas olah raga, kemudian pada akhirnya bermuara kepada budaya olahraga. Warga Masyarakat Kedaton membuat wadah bagi para pemuda sebagai bentuk perhatian pada kegiatan olahraga. Hal ini sesuai dengan himbauan Bupati Bantul yaitu memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat. Karena dengan berolahraga senantiasa akan ada bayak manfaat yang bisa kita dapatkan diantaranya adalah bisa meningkatkan kemampuan otak, membantu menunda proses penuaan, mengurangi stres dan Menaikkan daya tahan tubuh.

"Kerja bakti kali ini difokuskan di area lapangan voli, hal ini bertujuan agar bisa menjadi sarana bagi pemuda untuk beraktifitas dan berolah raga", ungkap Ketua Rt 04, Bpk Parwoto

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh warga masyarakat Kedaton. Kerjabakti berlangsung selama kurang lebih dua jam. Dimulai pada pukul 08.00 pagi dan diakhiri jam sepuluhan.

 

(iw)