Desa Ecowisata Pancoh Jadi Tempat Rakord Antar Lembaga Kalurahan Pleret

12 Juni 2023
Rifqi Fatoni
Dibaca 422 Kali
Desa Ecowisata Pancoh Jadi Tempat Rakord Antar Lembaga Kalurahan Pleret

InfoPleret - Sabtu s.d. Minggu, tanggal 10-11 Januari 2023, Pemerintah Kalurahan Pleret menyelenggarakan rapat koordinasi antar lembaga kalurahan di Desa Ecowisata Pancoh, Turi, Sleman. Rakord kali ini melibatkan Lurah, Carik, Kasi, Kaur, Bamuskal, LPMKal, Desa Wisata, Desa Preneur, Rintisan Desa Budaya, Desa Prima, dan perwakilan dari Pengelola Gerbang Pleret.

Rapat koordinasi antar lembaga ini bertujuan untuk menyinkronkan program setiap lembaga yang ada serta dalam rangka membangun sinergitas antar lembaga desa dengan pemerintah kalurahan. 

Dalam sambutannya lurah pleret menyampaikan harapannya agar antar lembaga bisa bersinergi dalam memajukan kalurahan, baik dibidang pariwisata, seni budaya, perekonomian serta bidang-bidang lainnya yang berhubungan dengan kesejahteraan masyarakat.

Rapat koordinasi antar lembaga desa dalam rangka sinkronisasi program adalah sebuah pertemuan yang diadakan untuk memastikan bahwa semua lembaga desa bekerja secara terkoordinasi dan memiliki program-program yang sejalan dalam mencapai tujuan pembangunan desa. Dalam rapat ini, lembaga-lembaga desa dapat berbagi informasi, menyelaraskan kegiatan, dan mencari sinergi antara program-program yang ada.

Dalam rapat koordinasi ini diberikan kesempatan kepada setiap lembaga desa untuk menyampaikan program dan kegiatan yang sedang mereka laksanakan. Dalam presentasi ini, setiap lembaga harus menjelaskan tujuan program, target yang ingin dicapai, serta langkah-langkah yang telah dilakukan.

Setelah presentasi program, dibawah arahan narasumber akan didiskusikan bersama untuk mengidentifikasi program-program yang memiliki kesamaan atau saling melengkapi. Identifikasi ini dapat membantu dalam menciptakan sinergi antara lembaga-lembaga desa dan menghindari tumpang tindih atau duplikasi program.

Diskusikan bersama untuk menentukan program-program mana yang menjadi prioritas utama desa. Dalam penentuan prioritas, pertimbangkan urgensi, dampak, dan ketersediaan sumber daya yang dibutuhkan. Setelah itu, buat rencana aksi bersama yang mencakup tugas, tanggung jawab, dan waktu pelaksanaan untuk setiap program.

Dalam rakord ini juga terbentuk kepengurusan Pokdarwis yang baru, yang diketuai oleh Muhammad Sholikhan ST dari kedaton. Diharapkan dengan adanya kepengurusan yang baru Pokdarwis dapat menggawangi pengembangan kegiatan kepariwisataan di wilayah Kalurahan Pleret ke arah yang lebih maju lagi.

#ekowisatapancoh

#pokdarwis

#desawisata

#bumimatarampleret

#heritageofmataram

#rapatkoordinasi