Training of Trainer FPRB Pleret, Menuju Kemandirian Penanganan Covid di Pedukuhan

03 Maret 2021
Taufiq Kamal, S.Kom, M.Cs.
Dibaca 189 Kali
Training of Trainer FPRB Pleret, Menuju Kemandirian Penanganan Covid di Pedukuhan

InfoPleret- Training of Trainer, atau dalam bahasa Indonesia adalah Pelatihan untuk Pelatih. Definisi secara luasnya adalah adalah pelatihan yang diperuntukkan bagi orang yang diharapkan setelah selesai pelatihan mampu menjadi pelatih dan mampu mengajarkan materi pelatihan tersebut kepada orang lain. Metode ini yang digunakan Lurah Pleret, Taufiq Kamal S.Kom, M.Cs dalam usaha mewujudkan kemandirian penanganan kasus covid-19 di tingkat padukuhan.

Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Kalurahan Pleret, akan menjadi partnernya pemerintah Kalurahan dalam perang melawan pandemi ini. Bertempat di serambi kantor Kalurahan Pleret, pengurus dan anggota FPRB Pleret mengikuti pelatihan TOT penanganan Covid-19 yang diselenggarakan oleh Satgas Covid-19 tingkat Kalurahan. Hadir pada kesempatan kali ini, Lurah Pleret Taufiq Kamal, S.Kom, M.Cs, Carik dan Pamong kalurahan serta relawan Sultan Agung Rescue.

Dalam pelatihan tersebut disampaikan tata cara atau standar operasional prosedur (SOP) penanganan kasus pemakaman standar covid-19, mulai dari pemandian hingga ke pemakamannya. Lurah Pleret, Tufiq Kamal berpesan disela sambutannya, bahwa masyarakat sudah harus bisa dan mengetahui cara aman penanganan kasus covid di wilayahnya masing-masing.

"Kita harus bisa mulai hidup berdampingan dengan Covid-19 karena memang belum dapat dipastikan kapan pandemi ini akan berakhir, maka dari itu perlunya mematuhi protokol kesehatan sangat dianjurkan kepada warga masyarakat. Melalui FPRB disetiap desa diharapkan dapat memberikan bantuan penanganan dan edukasi kepada masyarakat terkait kepatuhan pada protokol kesehatan", ungkapnya.

Melalui lembaga FPRB ini, diharapkan bisa menjadi kepanjangan tangan satgas kalurahan dalam menjalankan ketugasannya spesifik pada sharing dan edukasi ke masyarakat tentang penanganan kasus covid-19 dan pola hidup bersih dan sehat. (Orisya)