SINEMA KELILING KUNDHA KABUDAYAN DIY

20 Oktober 2021
Rifqi Fatoni
Dibaca 298 Kali
SINEMA KELILING KUNDHA KABUDAYAN DIY

Info Pleret - Senin (18/10) di pendopo Kalurahan Pleret terlaksana kegiatan pemutaran film pendek untuk masyarakat khususnya kawula muda kalurahan pleret. Acara ini dalam rangka sub kegiatan Pembinaan Lembaga Penggiat Seni tahun 2021 dari Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Propinsi DIY.

Kundha Kabudayan Propinsi DIY menyelenggarakan kegiatan pemutaran film keliling kalurahan juga sebagai ajang promosi, edukasi dan eksebisi memperkenalkan film - film produksi Kundha Kabudayan kepada masyarakat umum melalui pembiayaan Dana Keistimewaan Yogyakarta, dan dalam sinema keliling ini diputar 2 film pendek yang berjudul Sing Penting Yakin dan Nengkene Aku Ngenteni Kowe.

Dalam kesempatan ini Lurah Pleret Taufiq Kamal, S.Kom., M.Cs mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan oleh Kundha Kabudayan DIY melalui sinema keliling ini. Pemerintah kalurahan pleret mendapatkan inspirasi baru untuk bisa memperkenalkan pleret melalui film film pendek nantinya. Hal tersebut juga didukung dengan dibangunnya Gerbang Pleret yang salah satu bangunannya adalah ruang audio visual yang nantinya sebagai ajang pemutaran film tentang pleret dan sejarah Pleret.

Para penonton film yang kebanyakan diwakili oleh perwakilan karang taruna tingkat padukuhan sangat menikmati acara ini dan antusias memberikan pertanyaan saat sesi diskusi dilakukan setelah pemutaran film. Diharapkan pleret kedepan akan mendapatkan relawan-relawan baru dibidang perfilman yang muncul dari kawula muda untuk bisa mempromosikan kalurahan pleret sebagai warisan kerajaan Mataram Islam.

#PleretHeritaheOfMataram

 

/Rief